Kamis, 05 Januari 2012

Penjelasan Istilah

Belum dalam format yang rapi ataupun baku, sekedar ingin memudahkan pembaca memahami istilah-istilah yang mungkin baru pertama kali diketahui. Semoga membantu ya :)

Auditor -> pemeriksa
Umumnya kata auditor yang dipakai untuk menggambarkan profesi Akuntan Publik (Akuntan Eksternal). Akuntan Publik adalah pemeriksa yang independen, tidak merupakan bagian dari perusahaan/organisasi yang diperiksa. Akuntan Publik bertugas memeriksa laporan keuangan yang diterbitkan perusahaan/organisasi: apakah telah sesuai standar umum, tidak mengandung informasi yang salah, dan tidak mengandung kecurangan. Dengan demikian seorang Akuntan Publik (auditor) harus memiliki pengetahuan yang cukup di bidang Ilmu Akuntansi.

Procurement -> pengadaan
Perusahaan/organisasi yang besar biasanya memiliki departemen-departemen, seperti: Human Resource Department, Sales Department, Accounting Department, juga Procurement Department. Procurement bertugas untuk mengadakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh departemen lain. Yang dapat termasuk dalam procurement department adalah: bagian pembelian (baik melalui negosiasi maupun pembelian langsung), gudang, dan distribusi barang yang bukan untuk dijual ke departemen-departemen lain. Umumnya Procurement Staff mengacu kepada orang yang berfungsi melakukan komunikasi dengan user tentang kebutuhan user, melakukan pemilihan dan supplier, membuat order, negosiasi, dan bila perlu meeting dengan supplier terkait.

Online Shop -> toko online 
Jejaring pertemanan di dunia maya + kecanggihannya memungkinkan orang menciptakan "pasar" di dunia maya. Lazimnya toko online menggunakan foto, keterangan, dan cara melakukan transaksi. Lalu uang ditransfer dan setelah dikonfirmasi maka barang akan dikirimkan. Adapula yang menggunakan metoda pembayaran dengan paypal. Keuntungan dari toko online ini, tidak membutuhkan toko yang nyata, namun tidak tertutup kemungkinan berkembang menjadi toko yang nyata, maupun sebaliknya toko yang nyata membuat versi onlinenya.


Review -> menelaah/melihat ulang apakah ada yang kurang 
Telaah biasanya dilakukan oleh atasan terhadap pekerjaan bawahannya. Dengan demikian dapat diketahui apabila ada yang perlu diperbaiki, ditambahkan, atau bahkan tidak perlu untuk dicantumkan. Review dilakukan setelah pekerjaan selesai dilaksanakan dan tidak menutup kemungkinan ada tambahan pekerjaan setelah review. Review adalah proses untuk menjadikan pekerjaan tersebut sempurna dan benar.

Downline -> bawahan 
Entah mengapa, bawahan kok berkesan kasar sekali ya, sometimes kita memang lebih suka pake bahasa Inggris untuk alasan tidak terlalu menjatuhkan mental orang lain (lah ilah malah curhat :p). Downline berbeda dengan junior. Junior lebih mengacu ke jangka waktu, siapa yang bergabung duluan dianggap lebih senior, sementara yang belakangan lebih junior. Sementara downline lebih dimaksudkan untuk atas dan bawah.

Purchase Order (PO) -> nota pembelian 
Pembelian (khususnya kredit/non tunai) lazimnya menggunakan PO. PO berupa selembar kertas yang biasanya dicetak rangkap 3 (satu untuk supplier, satu untuk procurement, satu untuk gudang). PO dikirimkan oleh procurement kepada supplier agar barang dikirim sesuai pesanan, dan ke bagian gudang agar barang yang dikirimkan dicocokkan dengan yang dipesan. Sementara bagian procurement menyimpan miliknya sebagai dokumentasi.

Quotation -> penawaran harga 
Quotation adalah selembar kertas yang berisi spesifikasi barang/jasa berikut harganya yang ditawarkan supplier kepada customernya. Quotation ada masa berlakunya, dan sebelum masa berlaku habis biasanya dilakukan negosiasi kepada supplier. Quotation yang telah disepakati wajib ditandatangani oleh kedua belah pihak (supplier dan customer), kemudian dijadikan dasar PO.

Supplier -> penyedia barang/jasa
Lazimnya sih penjual, tapi ada nilai rasa yang berbeda. Penjual mengarah ke orang yang berjualan langsung, sementara supplier ke penyedia barang/jasa, baik yang standar maupun yang sesuai dengan permintaan customer.

Lainnya, menyusul. Boleh usul kalau ada kata yang ingin ditambahkan penjelasannya di sini.

2 komentar: